MURASAKI Adi Rara Kuyana, 19 Desember 1995. KIR KREASI PESONA REMAJA SMA N 1 PURBOLINGGO

Friday, October 11, 2013

MENULIS KARYA TULIS ILMIAH SESUAI TARGET PEMBACA

BAB I
PENDAHULUAN

Latar Belakang Masalah
          Dalam dunia dagang dikenal anggapan bahwa pembeli adalah raja. Sejajar dengan pengertian tersebut, dalam dunia penulisan dapat dianggap bahwa pembaca adalah raja. Hal ini tentunya tidak berlebihan karena pembacalah tujuan utama sebuah penulisan. Tulisan dibuat untuk dibaca dan dipahami pembacanya. Kegagalan dan keberhasilan penulis ditentukan oleh sejauh mana gagasan yang terkandung dalam tulisan tersebut dapat dibaca dan dipahami oleh pembaca.      
          Supaya pembaca dapat memahami tulisan yang disajikan maka penulis perlu memperhatikan beberapa hal. Pertama, penulis perlu memahami psikologi bagaimana pembaca memahami suatu tulisan. Sebetulnya, ini merupakan bidang kajian tersendiri yang disebut psikolinguistik. Oleh karena itu, kita hanya perlu memahami secara sekilas dan mengambil beberapa pengetahuan praktis saja dari bidang kajian tersebut. Kedua, penulis perlu memahami target pembaca karya ilmiah dengan berbagai karakteristiknya. Dengan demikian, penulis dapat menulis karya ilmiah yang sesuai dengan karakteristik target pembaca tersebut.









A. Rumusan Masalah
1.      Apakah yang dimaksud target pembaca dalam penulisan karya tulis ilmiah?
2.      Bagaimana penulisan karya tulis ilmiah yang sesuai target pembaca masyarakat akademis?
3.      Bagaimana penulisan karya tulis ilmiah yang sesuai target pembaca masyarakat ilmiah?
4.      Bagaimana penulisan karya tulis ilmiah yang sesuai target pembaca penyandang dana?
5.      Bagaimana penulisan karya tulis ilmiah yang sesuai target pembaca masyarakat umum?
A.  Tujuan Penulisan
1.      Mengetahui apa yang dimaksud target pembaca dalam penulisan karya tulis ilmiah.
2.      Mengetahui cara penulisan karya tulis ilmiah yang sesuai dengan target pembaca masyarakat akademis.
3.      Mengetahui cara penulisan karya tulis ilmiah yang sesuai dengan target pembaca masyarakat ilmiah.
4.      Mengetahui cara penulisan karya tulis ilmiah yang sesuai dengan target pembaca penyandang dana.
5.      Mengetahui cara penulisan karya tulis ilmiah yang sesuai dengan target pembaca masyarakat umum.








BAB II
PEMBAHASAN

TARGET PEMBACA
            Target pembaca khalayak sasaran penulisan laporan ilmiah yang dibuat. Pemahaman terhadap target pembaca dan karakteristiknya merupakan merupakan kunci membuat karya tulisan ilmiah yang berhasil. Oleh karena itu, penulis harus mencari tahu hal-hal yang terkait dengan terget pembaca melalui pertanyaan berikut.
1.    Siapa yang akan membaca tulisan itu?
2.    Apa yang mereka ketahui mengenai subjek yang ditulis itu?
3.    Mengapa mereka akan membaca tulisan itu?
4.    Bagaimana mereka akan membaca tulisan itu?
            Pada umumnya target pembaca suatu laporan ilmiah terdiri dari empat kelompok besar, yaitu (1) masyarakat akademis, (2) masyarakat ilmiah, (3) penyandang dana, dan (4) masyarakat umum. Secara terperinci keempat kelompok itu diuraikan sebagai berikut.









A.  MASYARAKAT AKADEMIS
            Seorang mahasiswa calon sarjana, magister, atau doktor, biasanya perlu menyelesaikan laporan penelitian akademik berupa skripsi, tesis, atau disertasi. Dalam hal ini target pembaca dari laporan ilmiah tersebut ialah komisi pemimbingnya dan para petinggi jurusan atau program studi yang terkait dengan penelitian tersebut. Karakteristik dari masyarakat akademis ini terhadap tulisan yang kita buat adalah menguji. Pembaca memfokuskan pada keakuratan informasi serta cara memperoleh informasi tersebut. Bukan saja hasil penelitian yang menjadi perhatian mereka, tetapi juga proses juga proses untuk mendapatkan hasil tersebut yang paling mereka perhatikan. Mereka tentu saja tidak akan mengalami kesulitan dalam proses membaca laporan penelitian mahasiswanya. Jika ada masalah dalam membaca tulisan tersebut bukan karena ada masalah pada pembaca, tetapi masalah pada penulis dalam memaparkan idenya. Laporan ilmiah dengan target pembaca seperti ini memerlukan penggunaan kata-kata yang akurat meskipun menggunakan kata-kata yang sangat teknis yang sulit dipahami masyarakat awam.
















B.  MASYARAKAT ILMIAH
            Suatu jurnal ilmiah biasanya menyajikan tulisan-tulisan yang khusus bagi para ahli di bidang ilmu tertentu. Misalnya, jurnal ilmu kedokteran biasa dibaca oleh para ahli ilmu kedokteran. Perkembangan keilmuan menyebabkan jurnal-jurnal ilmiah makin spesifik. Kita akan menemui jurnal ilmiah yang spesifik membahas bagian khusus dari suatu bidang keilmuan tertentu. Misalnya, jurnal pendidikan yang mengkhusukan pada pnedidikan giometri (suatu cabang dalam matematika) di sekolah dasar.
            Jika suatu tulisan di publikasikan dalam suatu jurnal maka target pembaca tulisan tersebut ialah para ilmuan yang bergerak di bidang yang menjadi spesifikasi keilmuan dalam jurnal tersebut. Karakteristik target pembaca ini bahwa mereka membaca untuk menambah pengetahuan keilmuan dalam bidangnya. Mereka mungkin saja kritis terhadap keakuratan informasi dan cara memperoleh informasi tetapi tidak seperti target pembaca masyarakat akademis, dimana mereka tidak memfokuskan pada menguji. Di samping itu, keakuratan informasi tulisan yang melalui penelaah yang kompeten di bidangnya. Laporan ilmiah untuk target pembaca masyarakat ilmiah mementingkan unsur kebaruan dan orisinalitas informasi ilmiah yang baru dan orisinal sangat dihargai target pembaca masyarakat akademis.








C.   PENYANDANG DANA
            dana dapat memperoleh masukan yang bermanfaat sebagai salah satu bahan mengambil keputusan. Meskipun laporan ilmiah merupakan “pesanan” penyandang dana, namun objektivitas perlu dijaga sesuai dengan etika ilmiah. Penyandang dana adalah orang atau lembaga yang memberikan dana bagi suatu kegiatan ilmiah. Penyandang dana itu dapat berupa lembaga pemerintah, swasta (industri, perusahaan) atau lembaga swadaya masyarakat. Hal-hal yang diharapkan oleh penyandang dana terhadap laporan ilmiah biasanya telah dinyatakan secaa jelas dalam bentuk dokumen kerangka acuan atau tems of reference (TOR). Dalam TOR tersebut secara spesifik pihak penyandang dana menyatakan format serta informasi rahasia, dalam arti hanya boleh diketahui oleh pihak-pihak tertentu saja. Dengan laporan ilmiah tersebut, penyandang Pengertian pesanan dalam hal ini hanyalah menyangkut tujuan kegiatan ilmiah, bukan pada hasilnya. Laporan ilmiah untuk target pembaca penyandang dana menekankan pada kekonsistenan terhadap TOR.











D.  MASYARAKAT UMUM
            Target pembaca masyarakat umum adalah pembaca yang membaca tulisan ilmiah untuk meningkatkan pengetahuan mereka. Peningkatan pengetahuan yang mereka butuhkan berbeda dangan peningkatan pengetahuan yang dibutuhkan masyarakat ilmiah. Masyarakat umum lebih membutuhkan pengetahuan yang bersifat praktis, sedangkan masyarakat ilmiah membutuhkan pengetahuan yang memperkaya wawasan teoritis. Masyarakat umum membutuhkan informasi ilmiah yang berkaitan langsung dengan kehidupan mereka.
            Pembaca masyarakat umum memiliki perbedaan tingkat umur, tingkat pendidikan, pengetahuan, pendapatan, dan status sosial mereka. Penulisan yang ditujukan pada target masyarakat umum memerlukan cara mengomunikasikan hasil penelitian yang hati-hati, cermat, dan teliti. Pengungkapan harus lebih mudah dipahami oleh masyarakat awam dengan cara pengungkapan bahasa sehar-hari yang populer. Istilah teknis sedapat mungkin di hindari agar memudahkan pembaca memahaminya. Jika pembaca masyarakat ilmiah mungkin akan tertarik dengan silang pendapat yang berkepanjangan mengenai suatu bahasan, maka bagi pembaca masyarakat umum sebaiknya difokuskan pada informasi yang sudah pasti saja atau yang sudah disepakati oleh banyak pakar. Laporan ilmiah dengan target pembaca masyarakat umum perlu menekankan pada informasi yang praktis dan terkait dengan kehidupan sehari-hari.







BAB III
PENUTUP

Kesimpulan
            Dalam penulisan karya tulis ilmiah, pemahaman terhadap target pembaca merupakan kunci untuk membuat karya tulis ilmiah yang berhasil. Target pembaca digolongkan menjadi empat yaitu: (1) masyarakat akademis, (2) masyarakat ilmiah, (3) penyandang dana, dan (4) masyarakat umum. Karakteristik target pembaca masyarakat akademis ialah bersifat menguji terhadap tulisan yang dibacanya, terfokuskan pada keakuratan dan cara memperoleh informasi tersebut. Dan untuk masyarakat ilmiah lebih mementignkan unsur kebenaran dan keaslian informasi. Laporan ilmiah untuk target pembaca penyandang dana menekankan pada kekonsistenan terhadap TOR. meskipun laporan ilmiah merupakan “pesanan” penyandang dana, namun objektivitas perlu dijaga sesuai dengan etika ilmiah. Penulisan terhadap target pembaca masyarakat umum memerlukan cara mengomunikasikan hasil penelitian yang hati-hati, cermat, dan teliti. Pengungkapan harus lebih mudah dipahami masyarakat awam dengan cara menggunakan bahasa sehari hari yang populer.














DAFTAR PUSTAKA

Dardjowidjojo, S. (2003). Psikolinguistik: Pengantar Pemahaman Bahasa              Indonesia. Jakarta: Yayasan Obor,
Semi, M.A. (2003). Menulis Efektif. Padang: Angkas Raya.

Sumarsono, S. (2003). Teknik Penulisan Laporan. Jember: Universiras Jember.

No comments:

Post a Comment