MURASAKI Adi Rara Kuyana, 19 Desember 1995. KIR KREASI PESONA REMAJA SMA N 1 PURBOLINGGO

Sunday, November 18, 2012

CONTOH KARYA TULIS LMIAH


KARYA TULIS ILMIAH
KOPI DARI BIJI PEPAYA

DAFTAR ISI

BAB I : Pendahuluan
            1.1 Latar belakang masalah
            1.2 Ruang Lingkup Masalah
            1.3 Rumusan Masalah
            1.4 Tujuan penelitian
            1.5 Manfaat penelitian
            1.6 Metode penelitian
BAB II : Landasan Teori
            2.1 Pepaya dan Jenis -jenisnya
                        2.1.1 Pepaya bangkok
                        2.1.2 Pepaya Solo F1 
            2.2 Manfaat Buah Pepaya
            2.3 Manfaat Biji Pepaya
BAB III : Metodelogi Penelitian
            3.1 Metode Penelitian
BAB IV : Pembahasan
            4.1. Proses PembUatan Kopi dari Biji Pepaya
                        4.1.1 Alat dan Bahan
                        4.1.2 Langkah Kerja
                        4.1.3 Cara Penyajian
            4.2. Kandungan Gizi
            4.3. Manfaat
BAB V : Penutup
            5.1. Kesimpulan
            5.2. Saran
DAFTAR PUSTAKA
                                     BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah
            Buah papaya merupakan tanaman yang memiliki beragam manfaat bagi manusia.Selain banyak mengandung vitamin A , ternyata buah sehat ini juga banyak  dimanfaatkan sebagai obat dalam mengobati berbagai macam penyakit.
            Tetapi sayangnya,di Indonesia pemanfaatan buah ini kurang maksimal. Hal ini disebabkan kebanyakan para konsumen tidak menyukai dan menganggap remeh buah ini.Mereka lebih memilih buah ± buahan impor yang belum tentu memiliki kandungan vitamin dan mineral sebanyak buah papaya.
            Kurangnya kreativitas dalam mengolah buah ini juga menjadi salah satu alasan mengapa buah asli Indonesia ini tidak banyak  di gemari oleh konsumen.Selama ini yang kita tahu bahwa hanya daging papaya saja yang dapat di konsumsi.Padahal jika pandai mengolahnya, biji papaya pun juga bisa diolah menjadi panganan yang baik  untuk  kesehatan kita dan tentunya bisa menambah pundi ± pundi rupiah.
            Oleh karena itu,kali ini penulis akan mencoba membuat kreasi baru dari biji papaya yang kita sebut sebagai ³Kopi dari biji Pepaya´. Berbeda dengan kopi pada umumnya.



1.2 Ruang Lingkup Masalah
            Dalam laporan karya tulis ilmiah ini akan dibahas mengenai pengolahan biji papaya menjadi kopi, serta hal ± hal yang berhubungan dengan biji papaya termasuk  kandungan gizi dan manfaat biji papaya.
 1.3 Rumusan Masalah
1)      Apa saja bahan± bahan yang di butuhkan dalam proses pembuatan kopi dari biji papaya?
2)      Bagaimana proses pembuatan kopi dari biji papaya?
3)      Apa sajakah zat ± zat yang terkandung pada kopi dari biji pepaya.?
1.4 Tujuan Penelitian
Ada pun tujuan penelitian antara lain:
1)      Mengetahui bahan bahan yang dipakai dalam pembuatan Kopi dari Biji pepaya.
2)      Mengetahui bagaimana proses pembuatan kopi dari biji pepaya.
3)      Mengetahui kandungan gizi kopi dari biji pepaya serta manfaatnya bagi kesehatan kita.
1.5 Manfaat Penelitian
Adapun manfaat penelitian yaItu:
1)      Untuk menyelesaikan tugas pada ekstra KIR.
2)      Sebagai bahan dalam memberikan sumbangan pemikiran pada masyarakat bahwa biji papaya dapat diolah menjadi minuman kopi yang sangat baik  bagi kesehatan.
3)      Untuk mengetahui kandungan zat yang ada dalam biji papaya


1.6  Metode Penelitian
            Dalam penulisan karya tulis ilmiah ini,untuk memperoleh data ± data yang dibutuhkan penulis menggunakan beberapa metode penulisan sebagai berikut :
1.Studi Kepustakaan
Yaitu penulis membaca buku ± buku dan kumpulan mata pelajaran yang berkaitan dengan penelitian ini.
2.Studi Internet
Yaitu penulis melakukan browsing melalui situs ± situs internet sesuai dengan materi penelitian ini.
3.Metode Percobaan
Dalam hal ini penulis melakukan percobaan langsung dalam pembuatan kopi dan biji pepaya.



BAB II
LANDASAN TEORI
2.1 Pepaya dan Jenis -jenisnya
        2.1.1 Pepaya bangkok 
Pepaya bangkok diintroduksi dari Thailand.Permukaan buahnya tidak rata dan kulit luarnya relatif tipis,sehingga sulit dikupas.Kelebihannya,dagingnya manis dan ber air . Buahnya berukuran besar.

        2.1.2 Pepaya Solo F1
 Ini adalah pepaya kultivar hibrida unggul dari Hawaii. Buahnya kecil-kecil dan disukai oleh konsumen barat. Selain itu terdapat pula pepaya hias yang warna daun atau tangkai daunnya ungu.ini ditanam lebih untuk penampilannya dalam memperindah taman. Di Dataran Tinggi Dieng dikenal produk mirip pepaya yang dikemas dan disebut"carica".Jenis ini menyukai daerah dingin untuk produksi buah secara optimal.

2.2 Manfaat Buah Pepaya
Pepaya atau dengan nama lain Carica Papaya. Untuk Anda yang gemar  buah yang satu ini perlu mengetahui beberapa manfaat dari pepaya yang akan mendorong Anda tetap menjadikan pepaya buah favorit.



 1. Buah pepaya mengandung enzim, vitamin dan mineral.Mengandung vitamin A, vitamin B kompleks,dan vitamin E.
 2. Buah pepaya mengandung enzim Papain yang berfungsi mempercepat proses pencernaan protein.
 3. Daya cerna yang diberikan enzim Papain bisa mencerna 35 kali lipat sehingga membuat makanan yang mengandung protein bisa diambil manfaatnya dengan baik.
 4. Enzim mencerna baik protein menjadi arginin.Senyawa arginin adalah asam amino esensial yang didapat dari telur dan ragi yang tidak biasa diproduksi oleh tubuh dalam keadaan normal. Dengan enzim Papain maka senyawa arginin yang membantu produksi hormon pertumbuhan dapat diproduksi dengan baik.
 5. Papain dalam pepaya sangat baik guna mencerna protein yang ber sifat membuang subtansi-subtansi yang tidak  dibutuhkan oleh tubuh akibat pencernaan yang tidak  sempurna.
 6. Buah Pepaya berfungsi membantu mengeluarkan racun, membantu mengatur pendapatan asam amino dalam tubuh,sehingga menambah kekebalan tumbuh.
 7. Selain baik memecah asam amino, pepaya juga mampu mengurai karbohidrat dan lemak. Itu sebabnya pepaya dipakai dalam pemasakan daging,karena pepaya mampu mencerna serat-serat daging
 8. Dengan kandungan antiseptik pada pepaya, mampu menjaga alat pencernaan kita terutama usus dari bakteri.Kadar pH mampu diseimbangkan sehingga flora usus normal.
 9. Seluruh bagian dari buah pepaya benar-benar memiliki fungsi baik. Biji yang sering dilupakan justru mampu membantu orang-orang yang sedang terganggu pencernaannya.
 10. Papaya sebagai alat kontrasepsi.Karena pepaya yang masih setengah matang, mentah dan mengkal bisa menggugurkan kandungan pada ibu hamil. Dari efek inilah pepaya mentah diolah menjadi alat kontrasepsi. Untuk ibu hamil sebaiknya menghindari sementara mengkonsumsi pepaya.
2.3 Manfaat Biji Pepaya
            Merawat kesehatan mata tak memerlukan biaya dan usaha yang banyak ,selama kamu displin melakukannya, mata kamu akan senantiasa berbinar indah dengan tatapan yang menebarkan aura kebahagiaan. Menurut dr.Rini Mahendra SpM salah satu cara perawatan murah ialah dengan mengonsumsi biji pepaya. Konon biji pepaya mengandung senyawa likopen yang penting bagi kesehatan mata. Bila kamu tidak tahan akan rasa getirnya, maka kamu dapat mengonsumsinya dengan ditambah madu ,atau sebagai campuran minum teh. Selain itu bisa juga biji tersebut dijemur atau disangrai untuk  kemudian dimakan sebagai snack. Konsumsilah secara teratur, kira-kira tiga kali sehari sebanyak sepuluh butir .
            Selain itu, jangan lupa untuk  selalu mengkonsumsi makanan yang sehat untuk mata, misalnya yang mengandung antioksidan,seperti karotin(banyak  dijumpai pada sayuran wortel dan bayam), mengandung seng(terdapat pada daging sapi atau domba),dan selenium (pada ikan atau daging merah). Sudah sering pastinya orang tua mengingatkan untuk makan wortel supaya mata kita cerah. Tetapi ternyata data yang diterbitkan di Archives of Ophthalmology menunjukkan bahwa buah-buahan-lah yang akan memberikan perlindungan dan mencegah kerusakan mata.Tiga porsi buah per hari akan mencegah kerusakan mata dengan sangat kuat. Sementara dalam kesehariannya, menjaga matapun tak membutuhkan banyak pantangan. Menonton televisi merupakan hal yang aman bagi mata,karena peregangan di mata saat melihat televisi tidak terlalu berlebihan dibanding saat membaca.Tetapi ada beberapa hal kecil yang mesti kamu perhatikan. Perhatikan pencahayaan yang memadai,usahakan agar tidak terlalu besar dan terlalu rendah. Pencahayaan yang terlalu kuat dapat mengurangi kontras dilayar dan mengaburkan pandangan. Sebaiknya tidak menempatkan sumber cahaya yang dapat mengakibatkan pantulan di televisi,dan jaga warna disekitar televisi bercorak netral. Sebaiknya cahaya di ruang televisi tidak  gelap total.Ruangan yang gelap total mengakibatkan kontras televisi menjadi berlebihan sehingga mengganggu kenyamanan mata.
            Untuk jarak menonton,setidaknya jarak  antara mata dan televisi adalah lima kali diameter layar .Pada jarak tersebut,gambar dapat terlihat jelas dan tidak mengganggu mata.Jika sering menonton dalam jarak  dekat,sebaiknya segera melakukan pemeriksaan kesehatan mata. Pastikan televisi telah diatur dengan baik ,sehingga posisi televisi sejajar dengan mata dan ketika menonton tidak harus mendongak  atau membungkuk. Berinteraksi dengan layar komputer dalam waktu lama mengakibatkan mata teregang dan kering. Beberapa tips yang berkaitan dengan layar televisi dapat digunakan saat menggunakan komputer. Jika sudah terlalu lama,sebaiknya berhenti dulu beberapa saat untuk mengistirahatkan mata.Selain itu,sering berkedip juga disarankan untuk menghindari mata kering. Jarak  antara layar monitor dengan mata sekitar 30-40cm dengan posisi bagian atas layar sesuai degan ketinggian bola mata atau sedikit di bawah batas mata. Pastikan monitor yang anda gunakan dapat diatur kemiringannya agar mudah menyesuaikan dengan posisi mata.Jika memiliki dana,sebaiknya menggunakan monitor LCD (layar datar) karena radiasinya lebih rendah dibanding dengan monitor CRT (layar tabung). Gunakan screen protector di layar komputer untuk mengurangi pancaran radiasi.Pun jika mengalami gangguan penglihatan,sebaiknya berkonsultasi dengan dokter ahli mata,dan jangan sekali-kali berusaha untuk memperjelas pandangan mata dengan mengusapnya menggunakan jari,karena hal ini dapat menyebabkan retina mata sobek.




BAB III
METODELOGI PENELITIAN
3.1 Metode Penelitian
            Dalam penulisan karya tulis ilmiah ini,untuk memperoleh data± data yang dibutuhkan penulis menggunakan beberapa metode penulisan sebagai berikut :
1)      Studi Kepustakaan
            Yaitu penulis membaca buku± buku dan kumpulan mata pelajaran yang berkaitan dengan penelitian ini. Untuk melakukan studi kepustakaan, perpustakaan merupakan suatu tempat yang tepat guna memperoleh  bahan-bahan dan informasi yang relevan untuk  dikumpulkan,dibaca dan dikaji,dicatat dan dimanfaatkan. Untuk mendapatkan informasi yang diperlukan peneliti mengetahui sumber-sumber informasi tersebut, misalnya kartu katalog, referensi umum dan khusus, buku-buku pedoman, bukupetunjuk , laporan-laporan  penelitian, tesis,disertasi, jurnal, ensiklopedi, dan bahan-bahan khusus lain. Dengan demikian peneliti akan memperoleh informasi dan sumber yang tepat dalam waktu yang singkat. Peranan studi kepustakaan sebelum penelitian sangat penting sebab dengan melakukan kegiatan ini hubungan antara masalah, penelitian- penelitian yang relevan dan teori akan menjadi lebih jelas.Selain itu  penelitian akan lebih ditunjang, baik oleh teori-teori yang sudah ada maupun oleh bukti nyata,yaitu hasil-hasil penelitian,kesimpulan dan saran.


2)      Studi Internet
            Yaitu penulis melakukanbrowsing melalui situs± situs internet sesuai dengan materi penelitian ini.Peranan dari studi internet sangat banyak ,karena dengan kita browsing di internet, maka apapun yang kita butuhkan dapat terpenuhi.Selain itu informasi yang kita dapatkan akan lebih lengkap.

3)      Metode Percobaan
            Dalam hal ini penulis melakukan percobaan langsung dalam pembuatan kopi dari biji pepaya.


BAB IV
PEMBAHASAN
4.1. Proses PembUatan Kopi dari Biji Pepaya
4.1.1 Alat dan Bahan
Adapun alat dan bahan yang diperlukan dalam pembuatan kopi yaitu sebagai berikut :
 Peralatan:
Ø  Tempat Penggorengan
Ø  Blender
Ø  Pisau
Bahan:
Ø  Biji PepayA
Ø  Buah Nangka
Ø  BeraS
Ø  Kelapa Muda
Ø  Air
 4.1.2 Langkah Kerja
Ø   Pisahkan biji papaya dari buahnya. Usahakan biji yang dipakai berasal dari buah papaya yang telah matang.
Ø  Setelah itu, jemur di panas matahari dengan alas seng agar proses pengeringan lebih cepat.
Ø  Sementara biji papaya dijemur, rendam sedikit beras kedalam air selama 30 menit.
Ø  Potong buah nangka dan kelapa muda yang sudah dicuci menjadi bagian yang kecil-kecil. Buah nangka berfungsi untuk menambahkan cita rasa pada kopi sehingga beraroma harum.
Ø  Jika biji pepaya sudah kering, panaskan penggorengan.
Ø  Masukkan keempat bahan tadi ke dalam penggorengan,sangrai tanpa minyak hingga harum.
Ø  Setelah itu blender bahan tersebut hingga halus seperti bubuk kopi.
Ø  Bubuk kopi siap dipakai
4.1.3 Cara Penyajian
            Cara penyajian kopi dari biji pepaya ini sama dengan kopi lainnya yaitu cukup dengan menyeduh bubuk kopi tersebut dengan air panas, juga tidak lupa tambahkan gula secukupnya agar terasa manis dan nikmat.
4.2. Kandungan Gizi
Kopi dari biji pepaya ini memiliki nilai gizi yang tinggi karena berasal dari bahan-bahan alami,diantaranya yaitu:
1.      Biji pepaya merupakan sumber saponin yang cukup baik dan mempunyai sifat anti mikroba. Karena itu biji nya dapat digunakan untuk mencegah dan membasmi cacing yang bersarang didalam saluran pencernaan.
2.      Beras mengandung karbohidrat yang memiliki beberapa manfaat yaitu sebagai sumber energi terbesar, melindungi protein agar tidak dibakar sebagai penghasil energi, membantu metabolisme lemak dan protein,dan sebagai zat dotoksifikasi zat-zat racun tertentu.
3.      Nangka muda memiliki komposisi mineral yang cukup bagus, terutama kalium dan fosfor, masing-masing sebesar 45 mg dan 29 mg per 100 15gram, Kalium yang terdapat pada buah nangka ini berfungsi untuk menurunkan darah tinggi.Sedangkan fosfor berperan dalam pembentukan tulang dan gigi.Selain itu, buah nangka juga mengandung vitamin C dan vitamin B kompleks. Mineral esensial yang dibutuhkan tubuh seperti kalsium,sang, besi, magnesium,selenium,dan tembaga, juga terdapat pada buah nangka.
4.3. Manfaat
Kopi dari biji pepaya ini memiliki banyak manfaat yang ditinjau dari berbagai aspek :

1. Aspek Kesehatan:
Ø  Meningkatkan daya tahan tubuh
Ø   Mengurangi tekanan darah tinggi
Ø  Memperlancar proses pencernaan dalam tubuh
Ø  Membasmi cacing dan kuman yang bersarang pada usus
 2. Aspek Lingkungan:
Ø  Mengurangi pengolahan kopi secara besar-besaran
Ø  Mengurangi pencemaran lingkungan
 3. Aspek Ekonomi :
Ø  Menghemat biaya dalam pembelian kopi
Ø  Menambah penghasilan jika produk  kopi dari biji pepaya ini dilestarikan





BAB V
PENUTUP
5.1. Kesimpulan
            Biji buah papaya ternyata memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan dan meningkatkan daya tarik ekonomi di kalangan masyarakat.Tetapi sayangnya masih banyak masyarakat yang belum mengetahui manfaat dari biji pepaya tersebut.Padahal jika kita memilki kreativitas yang tinggi dalam mengolahnya tentu bahan tersebut akan berguna bagi kita. Salah satunya adalah ³Pemanfaatan Biji Pepaya sebagai Kopi.Tidak disangka biji menjiikkan ini bisa disulap menjadi minuman kopi yang menyehatkan.
5.2. Saran
1.      Bagi para ibu rumah tangga atau penyuka buah pepaya sebaiknya jangan membuang biji pepaya karena biji pepaya ini dapat diolah menjadi minuman kopi yang berkhasiat bagi kesehatan kita.
2.      Bagi para penggemar kopi, tidak  ada salahnya untuk menikmati bahkan mengganti kopi dengan kopi biji pepaya ini.Selain rasanya yang nikmat kopi ini juga tidak mengandung kafein yang berbahaya bagi tubuh






DAFTAR PUSTAKA
·         Pangan&Gizi,DedyMuchtadi,Universitas.Terbuka.Jakarta.2001
·         KhasiatdanManfaatPepaya.Efiafifah.AgromediaPustaka.2003.
·         http://infodunia-4u.blogspot.com/2010/11/kulit-dan-biji-pepaya-berkhasiat-untuk.html
·         http://masenchipz.com/biji-pepaya-sehatkan-mata
·         http://health.detik.com/read/2010/11/02/124934/1482545/766/kulit-dan-biji-pepaya-berkhasiat-untuk-dimakan
·         http://id.shvoong.com/medicine-and-health/nutrition/2059082-peranan-fosfor-bagi-tubuh-manusia/
·         http://pemogramanbascom.blogspot.com/2010/02/manfaat-buah-pepaya-untuk-kesehatan.html

No comments:

Post a Comment