MURASAKI Adi Rara Kuyana, 19 Desember 1995. KIR KREASI PESONA REMAJA SMA N 1 PURBOLINGGO

Wednesday, October 28, 2015

CONTOH MAKALAH UNSUR-UNSUR DAN FUNGSI MANAJEMEN

BAB I
PENDAHULUAN

1.1.Latar Belakang
Setiap organisasi memilki aktivitas aktivitas pekerjaan tertentu dalam rangka mencapai tujuan organisasi.Salah satu aktivitas tersebut adalah manajemen.Dalam organisasi bisnis dikenal anatara lain manajemen pengangkutan perencanaan dan pengiriman,manajemen pembelian dan gudang,manajemen perencanaan,manajemen operasi,dan sebagianya.Dalam organisasi pendidikan macam-macam manajemen seperti itu tidak di kenal,melainkan hanya ada satu jenis manajemen yang bertingkat ialah manajemen tertinggi sampai dengan manajemen terdepan.
Ada kaitan yang erat antara organisasi,administrasi dan manajemen.Organisasi adalah sekumpulan orang dengan ikatan tertentu yang merupakan wadah untuk mencapai cita-cita mereka,mula-mula mereka mengintegrasi sumber-sumber materi maupun sikap para anggota di kenal sebagai manajemen dan akhirnya barulah mereka melaksanakan kegiatan-kegiatan untuk mencapai cita-cita tersebut.Baik manajemen maupun melaksanakan kegiatan itu disebut administrasi.

1.2. Rumusan Masalah
Dari uraian di atas, timbul berbagai pertanyaan tentang beberapa unsur dan fungsi manajemen diantaranya sebagai berikut :
1.     Bagaimanakah Unsur-unsur Manajemen Menurut Para Ahli?
2.      Apasajakah Unsur-unsur Manajemen Secara Umum?
3.      Apasajakah Fungsi Manajemen?




1.3.    Tujuan
Dalam hal ini adapun Tujuan pembuatan Makalah Dasar Manajemen berikut adalah
1.      untuk memperdalam filosofi tentang Ilmu Manajemen umumnya dan Unsur serta Fungsi Manajemen khususnya.
2.      mengerti akan maksud sebenarnya dalam Ilmu Manajemen.
3.      Dapat menerapkan di kehidupan sehari-hari dari ilmu manajemen itu sendiri

1.4.  Manfaat
Kita dapat belajar bersama dan dapat memahami akan penting nya Manejemen dalam kehidupan sehari-hari, khususnya bagi penyusun sendiri dapat lebih memahami cara membuat makalah, penyusun dapat belajar memanfaatkan waktu yang sedikit dalam mengerjakan sebuah makalah. Menambah wawasan, dan tepat waktu dalam Proses penyusunan makalah.
















BAB II
PEMBAHASAN

2.1.            Unsur-unsur Manajemen Secara Umum dan menurut para ahli

Manajemen pada dasarnya adalah merupakan proses kegiatan yang harus dilakukan dengan menggunakan cara-cara pemikiran yang ilmiah maupun praktis untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan dengan melalui kerjasama orang-orang lain dengan menggunakan sumber-sumber yang tersedia dengan cara yang setepat-tepatnya. Manajemen pada hakekatnya adalah “achieving goals through others”, pencapaian tujuan dengan melalui kegiatan-kegiatan orang lain. Dan tergantung pada kemampuan menggerakkan orang-orang inilah pada dasarnya sukses atau tidaknya seorang manajer. Karena unsur manusia yang dominan maka prinsip-prinsip manajemen sifatnya tidak membuahkan hasil yang sama. Prinsip-prinsip manajemen adalah fleksibel dalam arti penerapannya perlu mempertimbangkan pula keadaan-keadaan khusus yaitu pertimbangan yang berhubungan dengan unsur manusia sebagai unsur dasar manajemen. Uraian diatas menunjukkan urgensinya perhatian atas unsur manusia dengan berbagai aspek motif, emosi, aspirasi, rasio, dan lain-lainnya sebagai unsur dasar manajemen. Banyak penulis menggunakan istilah sarana (tools) atau alat manajemen untuk menyebutkan unsure manajemen ini.


A.     Unsur-unsur Manajemen Menurut Para Ahli
v  Menurut Fremont E. Kast menyebutkan adanya dua unsur dasar manajemen, yaitu :
a)      M e n
b)      Materials




v  Sedangkan O.F. Peterson memberikan definisi atas manajemen sebagai “the use of men, materials and money to echieve a common goal” (penggunaan sekelompok orang, material serta uang untuk mencapai tujuan bersama). Dari definisi tersebut nampak adanya 3 (tiga) unsur dasar manajemen, yaitu :
a)      M e n
b)      Materials
c)      Money

v  George R. Terry mengemukakan bahwa unsur dasar (basic elements) yang merupakan sumber yang dapat digunakan (available resources) untuk mencapai tujuan dalaam manajemen adalah :
a)      M e n
b)      Money
c)      Machines
d)     Methods
e)      Materials

Demikian lah unsur-unsur manajemen yang di paparkan menurut para ahli dan ada beberapa unsur manajemen yang di paparkan secara umum yang biasa di sebut dengan 6 M di dalam Manajemen “(The six M’s in Management ) yang diantaranya :
a.      M e n (manusia, orang-orang, tenaga kerja)

Tenaga kerja ini meliputi baik tenaga kerja eksekutif maupun operatif. Dalam kegiatan manajemen faktor manusia adalah yang paling menentukan. Titik pusat dari manajemen adalah manusia, sebab manusia membuat tujuan dan dia pulalah yang melakukan proses kegiatan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkannya itu. Tanpa tenaga kerja tidak akan ada proses kerja. Hanya saja manajemen itu sendiri tidak akan timbul apabila setiap orang bekerja untuk dirinya sendiri saja tanpa mengadakan kerjasama dengan yang lain. Manajemen timbul karena adanya orang yang bekerjasama untuk mencapai tujuan bersama.

b.      Money (uang yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan yang diinginkan)

Uang merupakan unsur yang penting untuk mencapai tujuan disamping faktor manusia yang menjadi unsur paling penting (the most important tool) dan faktor-faktor lainnya. Dalam dunia modern yang merupakan faktor yang penting sebagai alat tukar dan alat pengukur nilai suatu usaha. Suatu perusahaan yang besar diukur pula dari jumlah uang berputar pada perusahaan itu. Tetapi yang menggunakan uang tidak hanya perusahaan saja, instansi pemerintah dan yayasan-yayasan juga menggunakannya. Jadi uang diperlukan pada setiap kegiatan manusia untuk mencapai tujuannya. Terlebih dalam pelaksanaan manajemen ilmiah, harus ada perhatian yang sungguh-sungguh terhadap faktor uang karena segala sesuatu diperhitungkan secara rasional yaitu memperhitungkan berapa jumlah tenaga yang harus dibayar, berapa alar-alat yang dibutuhkan yang harus dibeli dan berapa pula hasil yang dapat dicapai dari suatu investasi.


c.       Machines (mesin atau alat-alat yang diperlukan untuk mencapai tujuan)

Dalam setiap organisasi, peranan mesin-mesin sebagai alat pembantu kerja sangat diperlukan. Mesin dapat meringankan dan memudahkan dalam melaksanakan pekerjaan. Hanya yang perlu diingat bahwa penggunaan mesin sangat tergantung pada manusia, bukan manusia yang tergantung atau bahkan diperbudak oleh mesin. Mesin itu sendiri tidak akan ada kalau tidak ada yang menemukannya, sedangkan yang menemukan adalah manusia. Mesin dibuat adalah untuk mempermudah atau membantu tercapainya tujuan hidup manusia.






d.      Methods ( metoda atau cara yang digunakan dalam usaha mencapai tujuan).

Cara , penggerakan, dan pengawasan. Dengan cara kerja yang baik akan memperlancar dan memudahkan pelaksanaan pekerjaan. Tetapi walaupun metode kerja yang telah dirumuskan atau ditetapkan itu baik, kalau orang yang diserahi tugas pelaksanaannya kurang mengerti atau tidak berpengalaman maka hasilnya juga akan tetap kurang baik. Oleh karena itu hasil penggunaan/penerapan suatu metode akan tergantung pula pada orangnya.

e.      Materials (bahan atau perlengkapan yang diperlukan untuk mencapai tujuan).

Manusia tanpa material atau bahan-bahan tidak akan dapat mencapai tujuan yang dikehendakinya, sehingga unsur material dalam manajemen tidak dapat diabaikan.

f.        Market (pasar untuk menjual output/barang yang dihasilkan).

Bagi suatu perusahaan, pemasaran produk yang dihasilkan sudah barang tentu sangat penting bagi kelangsungan proses produksi dari perusahaan itu sendiri. Proses produksi suatu barang akan berhenti apabila barang-barang yang diproduksi itu tidak laku atau tidak diserap oleh konsumen. Dengan perkataan lain pasar sangat penting untuk dikuasai demi kelangsungan proses kegiatan perusahaan atau industri. Oleh karena itu penguasaan pasar untuk mendistribusikan hasil-hasil produksi agar sampai kepada konsumen merupakan hal yang menentukan dalam aktivitas manajemen. Agar pasaran dapat dikuasai maka kualitas dan harga barang harus sesuai dengan selera dan daya beli konsumen. Barang yang berkualitas rendah dengan harga yang relatif mahal tidak akan laku dijual. Hal diatas adalah penggunaan pasar dalam dunia perniagaan. Adapun dalam administrasi Negara, yang menjadi pasar adalah masyarakat (publik) secara keseluruhan, sedangkan yang menjadi produknya adalah berupa pelayanan dan jasa (service). Apabila rakyat atau masyarakat telah merasakan pelayanan yang sebaik-baiknya dari pemerintahnya maka rakyat akan pula memberikan kerjasama dengan sebaik-baiknya atau dengan perkataan lain mendukungnya sehingga pemerintahan dapat berjalan dengan stabil.

g.      Information (Informasi)

Tentu saja informasi sangat  yang sedang disukai, apa yang sedang terjadi di masyarakat, dsb. Manajemen informasi sangat penting juga dalam menganalis produk yang telah dan akan dipasarkan.

Ketujuh unsur manajemen tersebut lebih dikenal dengan sebutan 6 M + I , yaitu manmoneymaterial, machinemethod, market dan information. Setiap unsur tersebut memiliki karakteristik yang berbeda. Manajemen tidak dapat berjalan dengan baik tanpa adanya ketujuh unsur tersebut.


2.2.            Fungsi-Fungsi Manajemen

a.      Perencanaan (Planning)
Dalam manajemen, perencanaan adalah proses mendefinisikan tujuan organisasi, membuat strategi untuk mencapai tujuan itu, dan mengembangkan rencana aktivitas kerja organisasi. Perencanaan merupakan proses terpenting dari semua fungsi manajemen karena tanpa perencanaan fungsi-fungsi lain—pengorganisasian, pengarahan, dan pengontrolan—tak akan dapat berjalan.

b.      Pengorganisasian (organizing)
Proses yang menyangkut bagaimana strategi dan taktik yang telah dirumuskan dalam perencanaan didesain dalam sebuah struktur organisasi yang tepat dan tangguh, sistem dan lingkungan organisasi yang kondusif, dan dapat memastikan bahwa semua pihak dalam organisasi dapat bekerja secara efektif dan efisien guna pencapaian tujuan organisasi.




c.       Pengarahan atau implementasi (Actuating/Directing)
Proses implementasi program agar dapat dijalankan oleh seluruh pihak dalam organisasi serta proses memotivasi agar semua pihak tersebut dapat menjalankan tanggungjawabnya dengan penuh kesadaran dan produktifitas yang tinggi.

d.      Pengendalian dan pengawasan (controlling)
Proses yang dilakukan untuk memastikan seluruh rangkaian kegiatan yang telah direncanakan, diorganisasikan dan diimplementasikan dapat berjalan sesuai dengan target yang diharapkan sekalipun berbagai perubahan terjadi dalam lingkungan dunia bisnis yang dihadapi.

2.3.             HUBUNGAN FUNGSI DAN UNSUR MANAJEMEN

Seorang manajer atau pemimpin menjalankan fungsi – fungsi manajemen dan unsur – unsur manajemen secara terpadu (integratif) dan menyeluruh (komprehensif), artinya dalam mencapai tujuan manajer membuat perencanaan, pengorganisasian, mengendalikan semua unsur manajemen secara bersamaan dalam satu kesatuan gerak secara simultan.
Dalam pelaksanaan pekerjaan, seorang manajer akan bertanya apakah yang seharusnya direncanakan, digerakkan, diawasi dan dikendalikan ? kalau diperhatikan dari pengertian manajemen obyeknya adalah orang, namun dalam prakteknya semua unsur manajemen (6 M) dibuat perencanaan, diorganisasikan, digerakkan untuk pelaksanaannya, dan dikendalikan untuk mencapai tujuan. Oleh karena itu dilakukan :
  • Perencanaan (Planning) terhadap : Tenaga, Anggaran, Bahan, Peralatan, Metode dan Pemasaran.
  • Pengorganisasian (Organizing) terhadap : Tenaga, Anggaran, Bahan, Peralatan, Metode dan Pemasaran.
  • Penggerakkan (Action), terhadap : Tenaga, Anggaran, Bahan, Peralatan, Metode dan pemasaran.
  • Penganggaran (Budgeting) terhadap : Tenaga, Anggaran, Bahan, Peralatan, Metode dan Pemasaran.
  • Pengendalian (Controlling) terhadap : Tenaga, Anggaran, Bahan, Peralatan, Metode dan Pemasaran.


BAB III
PENUTUP

3.1.            Kesimpulan dan Saran
a.    Kesimpulan

Meskipun Para Ahli menyebutkan Unsur-unsur Manajemen berbeda-beda tetapi dapat kita tarik Kesimpulan dari pembahasan isi Makalah di atas ialah.
Unsur Manajemen tersebut ada 7, yakni :
a)         M e n (manusia, orang-orang, tenaga kerja)
b)        Money (uang yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan yang diinginkan)
c)         Machines (mesin atau alat-alat yang diperlukan untuk mencapai tujuan)
d)        Methods ( metoda atau cara yang digunakan dalam usaha mencapai tujuan)
e)         Materials (bahan atau perlengkapan yang diperlukan untuk mencapai tujuan)
f)         Market (pasar untuk menjual output/barang yang dihasilkan)
g)        Information (Informasi)

Dan Kesimpulan akan Fungsi Manajemen ialah :
a)         Forecasting (Fungsi Peramalan)
b)        Planning (Fungsi  Perencanaan)
c)         Organizing (Fungsi Pengorganisasian)
d)        Actuating/Directing (Fungsi Pengarahan dan Implementasi)
e)         Controlling (Fungsi Pengawasan dan Pengendalian)


a.      Saran

Saran bagi Pembaca yang baik, kontribusi nya agar dapat membantu menyempurnakan Makalah ini, karna Penyusun sadar bahwa masih banyak kesalahan dalam pembuatan Makalah ini.


1 comment: